Facebook Pixel Code MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

MPASI untuk Pertumbuhan Gigi Bayi

Umumnya pertumbuhan gigi bayi akan mulai terlihat antara usia 4-7 bulan. Tandanya mulai dari produksi air liur yang lebih banyak dan lebih sering mengalir, hingga rangsangan untuk menggigit berbagai benda di sekitarnya. Maklum saja, ketika tumbuh gigi, gusi bayi biasanya akan terasa gatal, Bun.

Antara bayi satu dengan yang lainnya pasti memiliki perbedaan untuk waktu pertumbuhan gigi. Jadi meski buah hati Bunda belum mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi pada usia 6 bulan, jangan keburu khawatir. Bunda bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi buah hati dengan MPASI yang teksturnya bervariasi.

Makanan-makanan bertekstur nyatanya bisa menjadi rangsangan yang baik untuk tumbuh gigi buah hati. Hanya saja Bunda juga perlu hati-hati mengingat pencernaan buah hati masih belum matang atau rentan. Nah, apa saja sih makanan yang bisa Bunda berikan supaya bayi Bunda bisa cepat tumbuh gigi? Coba cek inspirasinya berikut ini.

  • Bubur Ikan

Bubur yang bertekstur lembut bisa Bunda tambahkan dengan suwiran ikan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Ikan kaya vitamin D yang bisa memperkuat tulang dan gigi buah hati. Bunda tidak perlu menggunakan jenis ikan tertentu. Jenis ikan seperti tuna atau kakap pun bisa Bunda gunakan.

  • Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung kalsium, seng, fosfor, dan zat besi yang amat bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi bagi bayi. Selain nutrisinya, tekstur bubur kacang hijau sangat baik untuk merangsang kemampuan mengunyah buah hati. Meski demikian, Bunda tetap harus membuat bubur kacang hijau untuk bayi lebih halus daripada untuk orang dewasa.

  • Nasi Tim Hati Ayam dan Wortel

Nasi tim merupakan salah satu MPASI yang mudah dibuat. Campurkan nasi aron dengan parutan hati ayam dan wortel untuk tekstur yang bisa memacu pertumbuhan gigi bayi. Wortel mengandung vitamin A dan mineral lain yang bisa merangsang jaringan pembentuk gigi. Sementara itu, hati ayam merupakan sumber protein tinggi yang juga bagus untuk pembentukan gigi bayi.

  • Puree Buah

Beberapa buah bisa merangsang pertumbuhan gigi bagi buah hati Bunda. Buah apel atau stroberi, misalnya, kaya vitamin C yang baik untuk pertumbuhan gigi. Kedua nutrisi ini membantu membentuk jaringan gigi bayi agar cepat tumbuh. Menu MPASI puree buah-buahan lebih mudah dicerna buah hati dan rasanya manis. Bunda cukup menghaluskannya dengan blender kemudian menyaringnya.

  • Finger Food Sayuran

Saat usia buah hati 6 bulan, baiknya Bunda tidak hanya memikirkan MPASI untuk menu utamanya. MPASI juga bisa diberikan sebagai camilan dalam bentuk finger food. Makanan berukuran jari kecil ini pun ampuh merangsang pertumbuhan gigi karena teksturnya padat.

Bunda bisa mencoba buat finger food dengan berbagai jenis sayuran yang mengandung vitamin tinggi, seperti wortel dan brokoli. Walaupun tampak padat, pastikan sudah mengukus sayuran agar lembut untuk dimakan buah hati.

Tidak perlu bingung memikirkan umur berapa bayi tumbuh gigi. Bunda cukup menyediakan berbagai variasi MPASI yang bisa merangsang dan memperkuat pertumbuhan gigi.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Berapa Banyak Susu Formula yang ...

Agar kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembangnya terpenuhi, yuk Bun, cari tahu berapa banyak susu...

Ini Makanan yang Baik untuk ...

Untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, Bunda bisa memberikan makanan kaya nutrisi untuk bayi usia...

Pemberian MPASI 6 Bulan Pertama yang ...

Si kecil yang memasuki usia 6 bulan akan mendapatkan MPASI untuk pertama kalinya. Maka, Bunda perlu...

5 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Ada kalanya Bunda berhadapan dengan bayi yang susah makan, karena kondisi tertentu. Simak beberapa...

6 Tips Memahami Perilaku Anak dengan ...

6 Tips Hadapi Perilaku si Kecil dengan Positif selama di Rumah

Bangun Rasa Percaya Diri si ...

Bangun Rasa Percaya Diri si Kecil dengan Aktifitas Sesuai Usianya Selama di Rumah saja


Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut