Facebook Pixel Code Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor

Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor

Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor
Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor
Icon Food Child
Icon Duration 30m

Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor

Bahan :

 

100 gr Daging Ikan Cakalang, haluskan

1 Siung bawang putih, haluskan

½ sdm Garam

½ sdm Lada bubuk

21ml Air dingin

1 sdm Tepung Terigu

21 gr susu SGM Eksplor 1Plus Madu atau SGM Eksplor 3Plus Madu

20 gr Tepung kanji

8 buah Tusuk sate

 

Cara Pembuatan :

  1. Campur daging ikan cakalang, bawang putih, garam, lada bubuk, dan air dingin, aduk rata.

  2. Tambahkan tepung terigu dan susu SGM Eksplor kemudian aduk hingga rata.

  3. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, sambil diadoni hingga kalis.

  4. Ambil 1 sendok the adonan kemudian bulatkan, lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

  5. Rebus adonan dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan kemudian tusukkan 3 buah bakso pada tusukan sate. Sajikan.

Bakso Ikan Cakalang Tulehu SGM Eksplor

Stimulasi untuk si Kecil saat Membuat Bakso

Bunda, resep bakso ikan ini bisa jadi ide masakan harian untuk keluarga di rumah. Bentuknya yang unik tentu akan membuat si Kecil tertarik untuk memakannya. Apalagi, Bunda juga bisa melibatkan si Kecil dalam proses memasak. Beri ia tugas-tugas sederhana yang bisa mengasah si Kecil menjadi cerdas kreatif, supel, dan mandiri.

- Meningkatkan wawasan: Sambil memasak dan menguleni adonan, ajari si Kecil tentang daerah asal masakan ini yaitu Desa Tulehu di Ambon. Bunda juga bisa ajak si Kecil “bertualang” ke daerah-daerah lain dengan memasak resep dari daerah yang berbeda-beda setiap minggu.

- Membantu dan Menawarkan Bantuan: Bunda bisa meminta bantuan si Kecil dan mengucapkan kata “tolong” kepada si Kecil agar ia menuangkan air atau susu SGM Eksplor ke dalam adonan. Sebaliknya, ajarkan juga agar ia menggunakan kata “tolong” saat meminta Bunda mengambilkan tusuk sate.

- Meningkatkan Keterampilan Melakukan Kegiatan Sendiri: Melibatkan si Kecil saat memasak akan melatihnya untuk melakukan kegiatan secara mandiri. Untuk si Kecil berusia 1-3 tahun, Bunda bisa memintanya mengaduk adonan, sementara untuk si Kecil yang lebih besar, Bunda bisa memintanya membuat bola-bola bakso atau menusukkannya pada tusuk sate.

Bunda, tidak perlu bingung kalau ingin mendapatkan inspirasi masakan harian lainnya. Kunjungi yuk, halaman Bermain Bersama Bunda. Selain masakan sehari-hari yang bergizi, Bunda juga bisa mendapat kiat-kiat seputar stimulasi si Kecil. Bun, berikan dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar si Kecil tumbuh menjadi Generasi Maju.


Nilai Gizi per Resep

Energi: 295.0 kkal

Protein: 23 gr

Karbohidrat: 42.2 gr

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut