Facebook Pixel Code 6 Tips Hadapi Perilaku si Kecil dengan Positif selama di Rumah

6 Tips Hadapi Perilaku si Kecil dengan Positif selama di Rumah

6 Tips Hadapi Perilaku si Kecil dengan Positif selama di Rumah

6 Tips Hadapi Perilaku si Kecil dengan Positif selama di Rumah

Apa saja yang sudah Bunda lakukan bersama si Kecil selama di rumah? Apapun aktivitasnya, tentu ada kalanya si Kecil mulai rewel. Perilaku tersebut wajar terjadi saat ia bosan, lapar, takut, atau justru saat ia mulai belajar mandiri1.

Stimulasi dan dukungan emosional yang Bunda berikan pada si Kecil memiliki dampak besar bagi tumbuh kembangnya2. Oleh karena itu, usahakan Bunda tetap positif saat menghadapi perilaku si Kecil meskipun ia rewel. Dukung selalu si Kecil agar menjadi Anak Generasi Maju yang tumbuh tinggi dan kuat, supel, percaya diri, kreatif, dan mandiri.

Bun, kita simak yuk 6 tips dari WHO dan UNICEF untuk menghadapi perilaku si Kecil dengan positif selama di rumah saja:

  1. Hindari Kalimat Larangan

    Menurut WHO, anak-anak akan lebih menuruti arahan orang tua saat mereka mendengarkan instruksi dengan kalimat positif. Misalnya, alih-alih melarang dengan kalimat “Jangan mengacak-acak”, Bunda bisa mengatakan “Tolong taruh baju Adik di sini, ya.”

  2. Panggil Namanya

    Berteriak justru akan membuat Bunda maupun si Kecil semakin merasa kesal dan tertekan. Dapatkan perhatian si Kecil dengan memanggil namanya. Upayakan agar Bunda menggunakan nada suara yang tenang.  

  3. Puji si Kecil

    Puji si Kecil ketika ia bersikap baik. Mungkin awalnya ia tidak akan menunjukkan reaksi apa-apa saat dipuji, tetapi ia akan menunjukkan lagi perilaku baik tersebut sewaktu-waktu. Pujian juga membuat si Kecil yakin bahwa Bunda menyayangi dan memperhatikannya dengan baik.

  4. Alihkan Perhatiannya

    Terkadang, Bunda perlu mengalihkan perhatian si Kecil sebelum ia terlampau rewel. Ketika si Kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda gelisah, alihkan perhatiannya dengan sesuatu yang menyenangkan seperti permainan.

  5. Ajarkan Konsekuensi

    Memberikan konsekuensi atas perilakunya dapat mengajarkan si Kecil tentang tanggung jawab. Kebiasaan ini lebih efektif daripada memukul atau membentak. Tetap tenang saat memberi hukuman pada si Kecil dan pastikan hukuman tersebut tidak terlalu sulit dilakukan. Setelah itu, beri si Kecil kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baik dan beri ia pujian.

  6. Rehat Sejenak

    Wajar saja jika sesekali Bunda merasa kewalahan saat menhadapi perilaku si Kecil. Ambil waktu untuk rehat sejenak. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan perlahan sebanyak lima kali. Menurut WHO, jutaan orang tua menganggap cara ini efektif untuk menenangkan diri dan menghadapi perilaku si Kecil dengan lebih tenang.

Selain melalui stimulasi yang tepat, dukung tumbuh kembang si Kecil dengan asupan makanan bergizi dan kebiasaan hidup sehat agar ia terlindung dari paparan penyakit maupun virus. Pastikan makanan yang Bunda masak matang dengan baik dan lengkapi pola makan si Kecil dengan segelas susu pertumbuhan pada pagi dan malam hari.

Ajarkan si Kecil untuk rajin mencuci tangan selama 30 detik. Jangan lupa istirahat yang cukup dan melakukan aktivitas fisik setiap hari. Informasi lain tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak bisa Bunda dapatkan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor telepon 0800 1 360 360.

Parenting in the time of COVID-19. World Health Organization. 2019

The importance of caregiver-child interactions for the survival and healthy development of young children. World Health Organization. 2004

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Beragam Manfaat Minum Susu Sebelum ...

Minum susu sebelum tidur dipercaya dapat memberikan manfaat yang lebih. Selain menambah asupan...

Cara Membantu Anak Mandiri Sejak ...

Kemandirian merupakan hal penting dalam hidup. Oleh karena itu, anak sebaiknya belajar mandiri...

Cara Berkomunikasi dengan Anak Usia 2...

Yuk, membaca cara berkomunikasi dengan anak 2-3 tahun untuk mempererat hubungan. Cara yang ada juga...

Bangun Rasa Percaya Diri si ...

Dorong si Kecil untuk menentukan sendiri aktivitas yang ia mau. Berlatih untuk memilih bisa...

Menyambut Ramadan dengan Bermain Bersama ...

Aktivitas di rumah selama Ramadan akan seru bersama si Kecil kalau Bunda melakukan...

Stimulasi Tepat Untuk Dukung Si ...

Selain asupan bergizi, banyak aktivitas yang bisa mendukung si Kecil selama masa physical...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Si ...

Baca Selengkapnya >

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci ...

Baca Selengkapnya >

Tips Agar Si Kecil ...

Baca Selengkapnya >

Penting, Baca Label Kemasan ...

Baca Selengkapnya >

Tips Mudah Atur Pola ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut